Pengikut

Prinsip Pengajaran dan Asesmen

Prinsip Pengajaran dan Asesmen

Prinsip Pengajaran dan Asesmen


5 Penerapan Prinsip Pengajaran dan Asesmen 

Ruang Kolaborasi-Topik 1-Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di Sekolah Menengah

1.assessment yang efektif harus dapat menyediakan laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut

2. Didalam perencanaan pembelajaran paradigma baru, guru harus mengacu pada Kurikulum operasional dan alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik . Tujuan pembelajaran dalam alur capaian yang dituju lewat kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, sedangkan dalam projek, perencanaan mengacu kepada dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila. 

3.untuk mencapai CP yang telah ditentukan didalam pembelajaran paradigma baru dan assesment yang efektif, satuan pendidikan harus memastikan bahwa kurikulum operasional dan prinsip pembelajaran harus mengacu pada capaian pembelajaran sesuai fase usia peserta didik yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

4. tantangan yang mungkin muncul dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yaitu guru itu sendiri. Hal ini karena minimnya pengetahuan dan keterampilan mereka tentang teknis implementasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa, juga minimnya kegiatan Refleksi Diri yang dilakukan.

5. strategi yang perlu dilakukan terhadap kemungkinan tantangan yang muncul dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yaitu dengan mengikuti pelatihan maupun webinar tentang implementasi kurikulum merdeka.

Lihat juga DOWNLOAD Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi

Demikian merupakan 5 penerapan prinsp pengajaran dan asesmen yang efektif di Sekolah Menengah. Terdapat juga di Ruang Kolaborasi-Topik 1-Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di Sekolah Menengah.

Subscribe to receive free email updates: